Analisis dan Informasi Mendalam Mengenai Tabel Angsuran BKK 2023

Gambar A002 1

Analisis dan Informasi Mendalam Mengenai Tabel Angsuran BKK 2023 – Agar anda bisa dengan lancar menjalani proses pengajuan kredit di Bank BKK, tentunya pemahaman mendalam mengenai tabel angsuran BKK menjadi langkah yang sangat penting.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif dan analitis mengenai tabel angsuran BKK. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, Anda akan mampu mengkalkulasi besaran angsuran yang harus dibayarkan secara rutin dan menghindari potensi denda akibat keterlambatan pembayaran.

Mengenal BPR BKK

Bank BKK, atau Badan Kredit Kecamatan, adalah sebuah entitas finansial yang berbasis di Jawa Tengah dan beroperasi di bawah pengawasan OJK. Awalnya, Bank BKK didirikan sebagai badan pemberi pinjaman dana perorangan di tingkat kecamatan. Namun, seiring berjalannya waktu, Bank BKK telah berevolusi menjadi sebuah bank yang memberikan pinjaman dana tunai kepada masyarakat umum. Produk yang ditawarkan mencakup pinjaman untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dalam skala mikro.

Jenis-jenis Pinjaman Bank BKK

Sebelum kita menyelami tabel angsuran BKK, ada baiknya kita memahami jenis-jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BKK. Terdapat lima jenis pinjaman yang perlu Anda ketahui:

  1. Kredit Modal Kerja (KMK): Jenis kredit ini ditujukan bagi pelaku UMKM. KMK memberikan modal untuk usaha dengan membeli kebutuhan produksi, mendorong perkembangan usaha. Besaran kredit berkisar antara Rp 1.000.000 hingga nilai BMPK.
  2. Kredit Investasi: Sama seperti KMK, kredit investasi juga berfokus pada pengembangan usaha UMKM. Namun, kredit ini lebih difokuskan pada pengembangan prasarana bisnis seperti rehabilitasi bangunan. Besaran kredit investasi mencapai Rp 1.000.000 hingga nilai BMPK.
  3. Kredit Konsumsi: Kredit konsumsi, juga dikenal sebagai kredit multiguna, memberikan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup seperti KPR, biaya sekolah, kendaraan bermotor, dan lainnya. Besaran kredit konsumsi mencapai Rp 50.000.000.
  4. Kredit Mikro: Kredit ini ditargetkan untuk usaha mikro dan dapat digunakan untuk pembangunan prasarana bisnis (KI) dan pembelian bahan produksi (KMK). Besaran kredit mikro berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000.
  5. Kredit Pegawai dan Pensiunan: Bank BKK tidak hanya memberikan kredit kepada pelaku usaha, tetapi juga kepada pegawai swasta, PNS, dan pensiunan. Besaran kredit mencapai Rp 50.000.000 dengan angsuran yang dapat dibayarkan melalui pemotongan gaji atau dana pensiun.

Syarat Pinjaman Bank BKK

Meskipun terdapat beragam jenis kredit di Bank BKK, syarat-syarat pengajuan kredit cenderung serupa untuk setiap jenisnya. Syarat-syarat ini mencakup:

  • Calon nasabah adalah individu dengan pekerjaan yang jelas.
  • Usia minimal 21 tahun.
  • Memiliki agunan atau jaminan.
  • Calon nasabah telah menikah.
  • Bagi yang mengajukan kredit UMKM, diperlukan surat rekomendasi dari desa atau kelurahan.
  • Mengisi formulir pengajuan kredit yang disediakan oleh Bank BKK.
  • Melampirkan fotokopi KK, KTP suami dan istri, serta surat nikah.
  • Jika ada, melampirkan NPWP.
  • Bagi wiraswasta, melampirkan SKU/SIUP.
  • Menyertakan fotokopi surat jaminan seperti BPKB, STNK, sertifikat tanah, deposito berjangka/tabungan, dan surat logam mulia beserta nota pembelian.

Tabel Angsuran BKK 2023

Mari kita fokuskan perhatian pada bagian yang sangat penting, yaitu tabel angsuran BKK untuk tahun 2023. Tabel ini memperlihatkan besaran angsuran berdasarkan plafon dan tenor pinjaman. Simak tabel di bawah ini:

python

Plafon 12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 20.000.000 1.984.667 1.151.333 837.556 25.000.000 2.480.833 1.439.167 1.091.944 30.000.000 2.977.000 1.727.000 1.310.333 ... ( dan seterusnya).

Tabel ini menginformasikan besaran angsuran untuk berbagai plafon dan tenor pinjaman. Dengan pemahaman mengenai tabel ini, Anda dapat memperkirakan besaran angsuran yang harus dibayarkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Biaya-biaya Administrasi Bank BKK

Selain angsuran, penting juga untuk memahami biaya-biaya administrasi yang dikenakan oleh Bank BKK. Biaya-biaya ini meliputi:

  • Biaya Administrasi: Sebesar 1% dari jumlah pinjaman.
  • Biaya Provisi: Sebesar 1% dari jumlah pinjaman (jika pinjaman berhasil disetujui).
  • Biaya Materai: Rp 6.000 (pinjaman < Rp 5.000.000) dan Rp 10.000 (pinjaman > Rp 5.000.000).

Selain itu, bank juga membebankan bunga angsuran per bulan. Besaran bunga ini berkisar antara 0-2% per bulan atau maksimal 24% per tahun.

Jangka Waktu & Jatuh Tempo Angsuran Kredit BKK

Bank BKK memberikan fleksibilitas dalam jangka waktu angsuran, dengan pilihan jangka waktu 3, 6, 12, 18, 24, 36, hingga 48 bulan. Jangka waktu ini dipengaruhi oleh pilihan peminjam dan besaran pinjaman yang diajukan.

Jatuh tempo angsuran kredit ditentukan ketika dana pinjaman telah cair atau setelah 30 hari sejak dana cair. Artinya, jatuh tempo angsuran pertama terjadi 30 hari setelah dana pinjaman diterima.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Bank BKK

Sebagai lembaga perkreditan, Bank BKK memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan:

Kelebihan:

  • Syarat pengajuan kredit mudah dipenuhi.
  • Kantor cabang tersebar di berbagai lokasi Jawa Tengah.
  • Jenis-jenis kredit yang beragam.
  • Plafon yang cukup besar.
  • Biaya dan bunga kredit relatif ringan.
  • Proses pencairan yang cepat.
  • Jangka waktu angsuran lebih lama.

Kekurangan:

  • Hanya tersedia di wilayah Jawa Tengah.
  • Mengharuskan jaminan untuk semua jenis cicilan.
  • Jangka waktu maksimal lebih pendek dibandingkan lembaga perkreditan lain.

Dalam mengajukan kredit di Bank BKK, pastikan Anda telah mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya.

Kesimpulan

Pemahaman yang mendalam mengenai tabel angsuran BKK merupakan kunci penting dalam menjalani proses pengajuan kredit. Dengan informasi yang telah kami sampaikan di artikel ini, Anda diharapkan dapat membuat keputusan finansial yang cerdas dan tepat. Dengan mempertimbangkan besaran angsuran, biaya-biaya, serta kelebihan dan kekurangan, Anda akan mampu mengelola pinjaman dengan lebih efektif dan menghindari potensi masalah di masa depan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *